Tag

, , , , ,

Tennis merupakah salah satu olah raga favourite di dunia. Membicarakan Tennis pasti kita tidak asing dengan Pemain pemain Roger Federar, Djokovic, Federal Nadal, dll. Mereka semua sudah pernah menjadi  juara dibeberapa Turnamen internasional. Untuk di Indonesia sendiri, olah raga ini belum banyak penggemarnya, bahkan kalo boleh dibilang masih kalah dengan Olahraga Sepakbola, Bulutanngkis, yang merupakah olahraga paling favourite di Indonesia. Ini mungkin karena olahraga tennis masih kelihatan eksklusif dalaha hal lapangan, Karena kita tidak bisa main di sembarang lapangan, harus lapangan khusus tennis yang ada pembatas disekitarnya.

Dimensi-lapangan-tennis

Ukuran lapangan tennis standar Internasional pada area keseluruhan adalah mencapai 36 m x 18 m sedangkan ukuran lapangan tenis pada area permainan atau game court sekitar 10,97 m x 23,78 m.

Pelajari lapangannya. Sebelum Kita dapat mulai bermain tenis, Kita harus mengerti bagian-bagian dari suatu lapangan tenis. Berikut adalah dasar-dasarnya:

  • Lapangan tenis memiliki dua sisi yang dipisahkan oleh suatu jala di tengah. Setiap sisi tersebut juga memiliki dua sisi: sisi deuce, yaitu sisi kanan lapangan, dan sisi ad, yaitu sisi kiri lapangan.
  • Lapangan tenis memiliki ruang kecil di masing-masing sisinya, dan jika seorang pemain memukul bola ke dalam ruang tersebut di sisi lawannya dalam permainan tunggal, ia akan kehilangan poin.
  • Setiap lapangan memiliki kotak servis kanan dan kotak servis kiri. Penyervis harus menyervis bola ke kotak servis yang berlawanan di sisi lawannya. Oleh karena itu, jika penyervis berdiri di sisi deuce (kanan), maka ia harus menyervis ke kotak servis kanan lawannya.
  • Setiap sisi di sisi seorang pemain dipisahkan oleh garis belakang di bagian belakang dan garis tunggal di masing-masing sisi lapangan. Bola harus mendarat di atas atau di dalam garis tersebut di sisi lawan selama rally (setiap saat setelah servis) untuk bisa dianggap masuk.

 

Ada beberapa istilah / teknik dalah permainan Tennis.

  1. Services

Service dimulai dengan berdiri di sisi di belakang garis belakang dan servis bola ke kotak di seberang jala di sisi yang diagonal. Service adalah penKita dimulainya permainan tennis. Kita memiliki dua kesempatan untuk melakukan servis. Jika Kita gagal melakukan servis pada kesempatan pertama, Kita dianggap telah melakukan kesalahan (fault); jika Kita gagal melakukannya pada kesempatan kedua, Kita dianggap telah melakukan kesalahan gKita (double-fault) dan Kita kehilangan poin dan harus berpindah ke sisi yang berlawanan di sisi lapangan Anda.

Jika bola mengenai jala dan memantul ke kotak servis, maka itu disebut “let” dan Kita dapat melakukannya sekali lagi. Jika bolanya mengenai jala dan memantul kembali ke sisi lapangan Kita atau ke luar kotak servis di sisi lapangan lawan, maka Kita dianggap melakukan fault.

Cara Melakukan Servis Tenis Lapangan yang Baik dan Benar

Berikut ini beberapa cara melakukan servis tenis lapangan yang benar:

Service1.png

  1. Pertama kali latihlah koordinasi tangan pada saat melempar bola sebagai pembuka permainan. Lakukan lemparan bola secara konsisten, dan biasa disebut dengan toss. Toss yang baik dalam melakukan servis ditandai dengan posisi servis di depan kepala kemudian lempar bola kea rah atas. Untuk bisa melakukan servis dengan sempurna perlu melakukan beberapa latihan.
  2. Berdiri di posisi garis belakang atau baseline dan pikirkan posisi bola yang akan Kita tempatkan. Selain posisi bola, pikirkan juga posisi kaki kiri yang berada di depan dan kaki kanan di belakang dengan posisi parallel dengan garis baseline. Ada satu perhatian bagi pemula dimana grip yang digunakan dalam melakukan servis adalah grip continental.
  3. Setelah merasa yakin dengan posisi kaki dan arah bola, lemparkan bola ke atas dengan tinggi sekitar 20-30 cm di atas kepala. Posisi tangan yang melempar bola harus dalam posisi lurus ke atas, sebelum memukul bola Kita harus tahu bahwa berat badan bertumpu di bagian kaki belakang.
  4. Pada saat bola melambung ke atas Kita sudah mulai mengayunkan raket ke belakang. Jangan sampai fokus mata Kita ke bola menjadi buyar, dan usahakan lihat juga tangan yang melempar bola.
  5. Setelah bola sedikit turun dan dalam jangkauan pukulan raket harus diayunkan ke arah depan. Dalam gerakan mengayunkan raket usahakan berat badan dari kaki belakang pindahkan ke kaki depan sehingga pukulan servis akan bertenaga.
  6. Setelah melakukan servis segera posisikan tubuh untuk menerima pukulan dari lawan.

 

  1. Pukulan Forehand

Forehand sendiri adalah pukulan yang ayunannya dari belakang badan menuju depan dan bagian depan raket atau telapak tangan kita berhadapan dengan bola. Forehand, pukulan yang paling dasar dan paling mudah diajarkan dalam tennis..  Saya akan coba jabarkan gerakan dasar dari forehand klasik yang mudah untuk dipelajari bagi pemula. Bagi Kita yang masih pemula, Kita dapat menggunakan grip continental atau eastern dalam memegang raket tenis dan stance yang digunakan adalah closed stance dimana posisi badan tegak lurus terhadap garis baseline atau net. Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan pergerakan dalam pukulan forehand klasik.

images forehand

180px-federerblast

  • Gerakan dimulai dari pergerakan badan menuju arah bola dan kita telah menentukan tepatnya zona bola akan dipukul. Zona yang baik untuk memukul tenis dengan grip continental.
  • Kemudian raket Kita ayunkan ke belakang bersamaan dengan rotasi bahu tangan Kita yang tidak memegang raket ke depan. Kaki kiri maju ke depan dan badan tegak lurus terhadap garis baseline atau net untuk melakukan closed stance
  • Ketika bola telah masuk pada zona pukulan yang Kita kehendaki, raket Kita ayunkan ke depan menuju titik kontak antara bola dengan raket.
    Raket kontak dengan bola tenis dan usahakan bola harus berada pada sweetspot dari raket untuk kesempurnaan dari pukulan tersebut.
  • Setelah terjadi kontak maka kita melakukan followthrough dengan cara raket tetap diayunkan hingga melintasi badan kita ke arah kira-kira jam 11.
  1. Pukulan Backhand

 

Backhand drive adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan menghadapkan telapak tangan ke arah belakang, dan punggung tangannya ke arah depan.

Backhand, Pukulan dasar kedua dalam bermain tennis. Backhand adalah pukulan yang diayun dari seberang badan menuju depan atau menggunakan bagian belakang dari raket untuk memukul bola dan telapak tangan Kita membelakangi bola.

Saat ini terdapat dua jenis pukulan backhand yang populer digunakan, yaitu: backhand menggunakan satu tangan dan backhand menggunakan dua tangan. Masing-masing pukulan memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, saat ini pukulan backhand dua tangan lebih banyak dipakai oleh pemain pro karena efektivitasnya. Saya akan coba membahas kedua teknik pukulan ini satu per satu.

3.1. Backhand satu tangan

 

Terdapat beberapa keuntungan dalam memakai backhand satu tangan. Pertama, Kita memperoleh keuntungan dari jangkauannya yang panjang sehingga bola-bola yang melebar dapat ditangani dengan lebih mudah. Kedua, lebih mudah untuk melakukan voli dari grip satu tangan dan umumnya pemain yang memiliki backhand satu tangan lebih jago dalam memukul voli daripada pemain yang memiliki backhand dua tangan. Terdapat 2 jenis grip yang dapat Kita pakai dalam melakukan backhand dua tangan, yaitu eastern dan full-eastern (western) grip. Kita dapat melihat detilnya di sini.
Tahap-tahap gerakan backhand satu tangan adalah sbb:

Dari posisi bersiap, Kita bergerak ke arah bola datang dan telah menentukan zona pukulan serta grip yang akan Kita pakai. Zona pukulan untuk pukulan backhand satu tangan yang baik adalah agak di depan badan anda.

Raket diayunkan ke belakang beserta bahu dan punggung anda. Stance yang dipakai dalam backhand satu tangan umumnya adalah closed stance dimana posisi badan tegak lurus terhadap net atau garis baseline.

Raket diayunkan ke depan menuju titik kontak dengan bola dan usahakan kontak berada pada sweetspot dari raket. Ingat, titik kontak sebaiknya berada agak di depan badan dan bukan di samping.

Kemudian ayunan diteruskan untuk melakukan tahap followthrough kira-kira ke arah jam 2 badan anda. Berikut sample untuk Backhand.

Backhand 1 tangan2.gif

Backhand 1 tangan.gif

3.2. Backhand dua tangan

Backhand ini merupakan yang paling populer digunakan oleh pemain tenis saat ini. Keuntungan dari grip ini adalah ayunannya yang efisien dan tenaga ekstra yang dihasilkannya karena menggunakan dua tangan. Namun, kekurangannya terutama dalam menghadapi bola-bola yang melebar dikarenakan tumpuan ayunan yang menggunakan 2 bahu. Grip yang dipakai dalam melakukan pukulan ini adalah tangan kanan berada pada ujung gagang raket dengan grip continental dan tangan kiri berada di atasnya dengan grip semi-western. Untuk selengkapnya dapat Kita baca di sini. Tahapan untuk melakukan backhand dua tangan adalah sbb:

Dari posisi bersiap, Kita bergerak ke arah bola datang dan telah menentukan zona pukulan serta grip yang akan Kita pakai. Zona pukulan untuk pukulan backhand dua tangan yang baik adalah di samping badan Kita di sekitar daerah pinggang.

Raket diayunkan ke belakang pada posisi kira-kira sejajar pinggang anda. Stance yang dipakai dalam backhand dua tangan umumnya closed stance, namun dapat pula dilakukan dengan open stance.

Raket diayunkan ke depan menuju titik kontak dengan bola dan usahakan kontak berada pada sweetspot dari raket. Dalam ayunan ke depan ini, tangan kiri memegang peran yang dominan sedangkan tangan kanan sebagai penyeimbang dan pengarah bola.

Kemudian ayunan diteruskan ke samping badan Kita hingga raket ke arah punggung untuk melakukan tahap followthrough.

Bagi pemula yang mungkin pernah bermain bulutangkis atau tenis meja, cenderung agak janggal ketika berlatih tenis terutama untuk pukulan backhand dua tangan karena pukulan ini menggunakan tangan yang non dominan sebagai utamanya sedangkan tangan dominan sebagai penyeimbang dan pengarah bola. Untuk melatihnya Kita bisa mencoba berlatih memukul forehand memakai tangan non-dominan anda. Apabila Kita telah dapat memukul dengan baik dan konsisten, barulah mencoba untuk memukul dengan 2 tangan.

 

3.3 Slice Backhand

Pukulan chop/ slice adalah pukulan forehand ataupun backhand dimana kepala raket agak dimiringkan sedikit lalu bola dipukul dengan cara mengayunkan raket dari atas ke bawah.

slice.png

 

 

 

 

Referensi:

http://www.tutorialolahraga.com

https://prasso.wordpress.com

https://id.wikipedia.org

Iklan